Kehebatan Bermula

|| Dari Sini Kehebatan Bermula ||


Usianya terhitung belia. Untuk bisa disebut layak sebagai sosok yang bijaksana. Sebab ilmunya di juluki sebagai tinta umat bernama.

Beliau Addullah bin 'Abbas Rhadhiyallahu 'Anhuma. Yang diketahui begitu istimewa. Tak hanya kedalaman logika. Atau mengetahui kitabullah dan sunnah semata.

Tapi juga bashirah yang tajam, menembus pandangan kasat mata. Mengurai dalam umat, banyak problematika. Menjadi petunjuk dan menjadi pelita.

Saat turun surat Al Nasr, justru beliau berduka. Sepintas nampak aneh saja. Ketika ditanya, dijawab dengan seksama. Bila kemenangan tiba. Misi kerasulan sudah paripurna. Rasulullah akan meninggal dunia.

Diusia menginjak remaja. Pernah membonceng dibelakang Rasulullah menaiki onta. Disitulah Rasulullah mewejang nasehat sarat makna.

"Wahai anak muda. Aku akan ajarkan kepadamu beberapa kalimat. Jagalah perintah Allah, maka Allah akan menjagamu. Jagalah perintah Allah, maka kamu akan dapati Allah dihadapanmu !!"

"Kalau kamu membutuhkan sesuatu, selalulah kepada Allah meminta. Kalau butuh perlindungan, selalulah kepada Allah mengiba".

Ternyata dari sini bermula. Kehebatan beliau ditempa. Hingga menjadi sebuah formula. Yang dari generasi ke generasi menjadi warisan berharga.

Selayaknya beliau menjadi teladan bagi yang muda. Yang tidak lagi muda, pun tak mengapa. Lebih baik terlambat, dari pada tidak sama sekali mencoba.

Berusaha menempa diri sebagaimana para sahabat menempa. Semoga kelak dipertemukan dengan mereka.

📷: Masjid Ibnu Abbas merupakan salah satu peninggalan dari sejarah Islam di kota Thaif. Masjid besar ini dibangun pada 592 H.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ar Rawha

Al Manakhah

Tidak Takut dengan Kesulitan